Senin, 22 Oktober 2012

Sejarah Ringkas Belitong

Peta Topografi Belitong Tahun 1882 M

        Pulau Belitung dalam catatan sejarah telah lama dikenal sejak dahulu. Berita Cina dari  Hsing-Ch’a Seng Lan, pada tahun 1436 memuat cerita tentang pelayaran tentara Mongol ke Jawa melalui rute Selat Karimata dan Karimun Jawa. Di Pulau Belitung mereka membuat perahu untuk menggantikan perahu mereka yang rusak karena taufan. Jika melihat peta, diduga kuat daerah tersebut berada di Kabupaten Belitung Timur.

Pintu Gerbang Kawasan Kerajaan Balok

            Pada abad Ke XVI pernah berdiri sebuah kerajaan lokal yang bernama “Balok”, berdiri pada tahun 1616, bertepatan dengan Ki Gede Ya’kub  sebagai raja pertama. Kerajaan ini memiliki dianggap memiliki pertalian sejarah dengan Kerajaan Mataram Islam, mengingat Ki Gede Ya’kub adalah putra Pangeran Kaap atau seorang Mangkub/Bendahara Kerajaan Mataram dan juga Keponakan dari Ki Gede Pamanahan. Kerajaan ini bertahan sampai dengan tahun tahun 1873, sayangnya dimasa-masa akhir kekuasaan kerajaan ini, gelar kerajaan dihapuskan sebagai simbol penolakan Belanda terhadap kekuasaan Kerajaan Balok. Bekas-bekas kerajaan Balok masih bisa kita jumpai hingga saat ini yang kini, terletak desa Balok, Kecamatan Dendang, yang dikenal dengan nama Balok Lama (Tambak Kutak) dan Balok baru (Tebing Tinggi), di desa
            Disamping kerajaan Balok, kerajaan lokal lainnya, adalah Buding. Sebelum ia menjadi sebuah kerajaan, Buding merupakan sebuah “Ngabehi” yang berada dalam kekuasaan kerajaan Balok. Sisa-sisa kerajaan Buding berada di Museum Istiqamah Buding, yang dulunya merupakan bekas masjid yang didirikan oleh raja Buding, berada di Desa Buding, Kecamatan Kelapa Kampit.
            Masa pendudukan Kolonial di Indonesia, juga mewarnai sejarah lokal Pulau Belitung.  Kolonialisasi yang dilakukan oleh Belanda di Pulau Belitung, berkaitan erat dengan eksplorasi timah. Adapun pioner atau tokoh yang dianggap berjasa besar terhadap pertambangan timah di Pulau Belitung adalah John Francis Loudon bersama rekan-rekannya. Mereka khusus datang dari belanda untuk menyelidiki  tentang adanya di Pulau Belitung, yang sebelumnya disembunyikan kebenarannya oleh penguasa Belitong, yaitu KA. Rahad.

Penambangan Timah Masa Lalu

            Pulau Belitung hingga kini dikenal sebagai pulau penghasil timah, yang merupakan warisan peradaban Belitong masa lalu. Sisa-sisa peradaban kolonial, begitu pula dengan tinggalan-tinggalan sejarah lainnya, yang berada di wilayah di Pulau Belitung, khususnya di Kabupaten Belitung Timur, merupakan objek wisata sejarah, yang akan mengajak kita untuk napak tilas sejarah Belitong masa lalu.

0 komentar:

Posting Komentar